Jumat, 17 Februari 2017

Resep Es Selendang Mayang Sajian Ramadhan

Resep Es Selendang Mayang Sajian Ramadhan - Es Selendang Mayang adalah salah satu minuman tradisional khas Indonesia. Tidak hanya menyegarkan, menikmati es tradisional Betawi ini bisa membuat perut kenyang lho sobat. Kok bisa?? Sebabnya, di dalam es ini terdapat isian semacam kue basah yang padat yang terbuat dari tepung beras serta tepung hunkwe (kue lapis). Kuah es ini rasanya manis, tetapi juga terasa gurih serta legit karena ditambahkan dengan santan serta siraman air gula merah yang kental.
 
Resep Es Selendang Mayang Sajian Ramadhan

Saat ini minuman es selendang mayang mulai jarang ditemukan di kota asalnya. Hanya di beberapa tempat saja kamu bisa menemukan pedagang es tradisional ini. Daerah Kota Tua Jakarta adalah salah satu tempat dimana kamu bisa menemukan penjual Es Selendang Mayang ini. Sajian menyegarkan ini juga dapat kamu hidangkan untuk acara hajatan dirumah. Apabila Kamu rindu ingin menjajal es ini tetapi susah menemukannya di tempat tinggal Anda, silakan coba buat sendiri di rumah dengan resep yang akan kami bagikan dibawah ini.

Resep Es Selendang Mayang Sajian Ramadhan


Bahan isian Es Selendang Mayang:
sediakan Tepung beras sebanyak 50 gram
sediakan Tepung hunkwe sebanyak 100 gram
sediakan Garam sebanyak ½ sendok teh
sediakan Vanili bubuk sebanyak ½ sendok teh
sediakan Daun pandan yang telah disimpul sejumlah 2 lembar
sediakan Air sebanyak 1 liter
sediakan Pewarna panganan merah cabai secukupnya, resep ini memakai 5 tetes
sediakan Pewarna hijau yang berasal dari air daun suji sebanyak 15 ml, pewarna ini diperoleh dari campuran sedikit air, 2 lembar daun pandan, serta 20 lembar daun suji
sediakan Minyak untuk mengoles loyang sedikit saja
sediakan Es batu secukupnya, resep ini memakai 700 gram

Bahan kuah santan:
sediakan Santan sebanyak 500 ml yang diperoleh dari 1 butir kelapa
sediakan Garam sebanyak ½ sendok teh
sediakan Daun pandan yang telah disimpul sebanyak 2 lembar

Baca juga : Resep Dodol Mangga

Bahan air gula merah:
sediakan Gula merah sebanyak 300 gram
sediakan Daun pandan sejumlah 1 lembar
sediakan Air sebanyak 200 ml
sediakan Gula pasir sebanyak 100 gram

Langkah-langkah membuat es selendang mayang:
1. Pertama silakan campur tepung beras, tepung hunkwe, garam, vanili bubuk, daun pandan, serta air kemudian masak sampai mendidih sembari diaduk-aduk.
2. Seusai mendidih ditandai dengan meletup-letup, segera matikan api kompor lalu tuang serta bagi adonan ke dalam 3 wadah yang beda ya sobat.
3. Pada wadah pertama, beri pewarna merah. Wadah kedua diberi warna hijau. Dan wadah lainnya dibiarkan begitu saja (tanpa warna).
4. Siapkan loyang kotak, kemudian, olesi permukaan dalamnya dengan menggunakan minyak goreng atau margarin. Pertama tuang terlebih dahulu adonan yang berwarna hijau, diikuti dengan adonan tanpa warna. Kemudian terakhir timpa dengan adonan yang berwarna merah.
5. Masukkan ke kulkas agar adonan cepat memadat.
6. Sambil menantikan isian Es Selendang Mayang tadi memadat, sekarang kita buat kuah santan dengan cara merebus santan, garam, serta daun pandan sampai mendidih sambil terus diaduk-aduk supaya santan tak pecah. Kemudian tunggu sampai uap panasnya hilang ya sobat.
7. Sekarang buat air gula merah dengan cara mencampurkan gula merah, daun pandan, air, serta gula pasir. Kemudian masak serta aduk sesekali sampai mendidih dan kemudian tiriskan.
8. Ambil adonan isian Es Selendang Mayang yang sudah padat kemudian potong-potong sesuai selera anda ukurannya
9. Tata di mangkuk lalu tambahkan kuah santan serta air gula merah tadi. Kemudian beri es batu sesuai selera. Jika ingin lebih nikmat silakan tambahkan susu kental manis putih.

Nah bagaimana resep es selendang mayang ini? Cukup mudah bukan? Silakan anda langsung coba buat sendiri dirumah ya. Lumayan buat teman dikala hari sedang panas, hehehe. Sajian ini juga bisa anda hidangkan untuk menu buka puasa. Sekian ulasan Resep Menu Harian kali ini dan semoga bermanfaat.

Resep Sedap Lainnya:

Resep Es Selendang Mayang Sajian Ramadhan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email